Sabtu, 02 Januari 2016

RPP MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF
Dosen Pembimbing :
LULUK FARIDA M.Pd
Disusun Oleh :
SITI AGUS NA’IMATUL JANNAH
(12311550)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS ISLAM DARUL ‘ULUM LAMONGAN
2014


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Satuan pendidikan                  : SD
Kelas/Semester                        : V/genap
Mata Pelajaran                        : Matematika
Alokasi Waktu                        : 2 x 35 menit 

·         Standar Kompetensi        : memahami sifat-sifat bangun ruang dan hubungan antar bangun ruang.
·           Kompetensi Dasar            : memahami jenis-jenis bangun ruang dan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang.
·           Indikator                          :
1)      Siswa mengenal bangun ruang kubus.
2)      Siswa membedakan bangun kubus dan balok melalui sifat-sifatnya.
3)      Siswa menyelesaikan soal-soal tentang bangun ruang kubus.

A.      Tujuan pembelajaran.
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :
1.      Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
2.      Mengetahui sifat-sifat bangun ruang
3.      Serta dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang dengan jujur dan mandiri.
B.       Pengetahuan prasarat.
Mengetahui tentang definisi bangun datar dan bangun ruang.
C.        Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Kecintaan ( Lovely )

D.      Model Pembelajaran, Metode, dan Sarana.
Model Pembelajaran           : Induktif
Metode                                : Tanya jawab, demonstrasi, dan tugas.
Sarana                                 : LKS, Buku siswa, dan alat peraga (contoh bangun kubus dan non-contoh bangun balok)

E.       Langkah-langkah kegiatan.
fase
Kegiatan guru
Kegiatan siswa
keterangan
1
Pendahuluan ( 10menit )

Guru mengucapkan salam sebagai tanda proses belajar mengajar dimulai.
Siswa menjawab salam yang diucapkan guru.

Guru meminta salah satu siswa atau ketua kelas untuk memimpin do’a.
Salah satu siswa memimpin do’a seperti yang telah diinstruksikan oleh guru.

Guru mengabsen siswa untuk mengetahui daftar kehadiran mereka.
Siswa mendengarkan dengan tenang.

Guru memotivasi siswa dan mendemonstrasikan tujuan pembelajaran.
Siswa memperhatikan penjelasan guru.



II
Kegiatan inti ( 55 menit )

Guru memulai proses belajar mengajar  dengan bertanya kepada siswa untuk mengetahui pengetahuan dasar siswa tentang bangun ruang yaitu bangun kubus.
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan guru sesuai dengan pengetahuan mereka.
 Tahap 1 : Tahap terbuka (open-ended phase) dan Tahap 2 : Tahap Konvergen (convergent phase)
Guru merespon secara positif  jawaban siswa dan mengambil kesimpulan dari jawaban-jawaban tersebut.
Siswa memperhatikan dengan tenang.
Tahap 3 : Tahap penutup (closure)
Guru mulai menjelaskan materi tentang sifat-sifat bangun ruang dan hubungan antar bangun ruang.
 .
Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru dengan tenang dan tertib.
Tahap 1 : Tahap terbuka (open-ended phase)
Guru memberikan contoh dan non contoh tentang bangun ruang kubus dan menggunakan alat peraga (contoh bangun kubus dan non contoh bangun balok) untuk menambah kepahaman siswa tentang materi tersebut.
Siswa diharapkan dapat mengkontruksikan pengetahuannya sendiri melalui contoh dan non contoh dengan alat peraga seperti yang dijelaskan oleh guru.
Tahap 1 : Tahap terbuka (open-ended phase) dan Tahap 2 : Tahap Konvergen (convergent phase)
Guru menguji tingkat kepahaman siswa dengan meminta siswa mengerjakan soal yang ada di LKS siswa secara individu.
siswa mendengarkan penjelasan guru terlebih dahulu.
Tahap 4 : Tahap Aplikasi (penerapan)
Guru memberikan waktu kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal tersebut.
Siswa mengerjakan soal-soal tersebut dengan tenang dan mandiri.
Tahap 4 : Tahap Aplikasi (penerapan)
Jika dirasa waktu untuk mengerjakan soal tersebut sudah cukup, guru secara acak memanggil nama siswa untuk mengerjakan dipapan tulis.
Nama-nama yang dipanggil oleh guru maju kedepan untuk mengerjakan soal-soal dipapan tulis.
Tahap 4 : Tahap Aplikasi (penerapan)
Guru mengamati, menilai, memeriksa hasil pekerjaan siswa serta menghargai keberagaman jawaban siswa dan mengapresiasikan jawaban-jawaban tersebut.
Siswa memperhatikan dengan tenang dan tertib.
Tahap 3 : Tahap penutup (closure)
Guru meminta siswa untuk membaca kembali buku siswa dan menanyakan jika masih ada materi yang belum dimengerti.
Siswa membaca kembali buku siswa dan bertanya kepada guru jika masih ada yang belum dimengerti tentang materi tersebut.
Tahap 1 : Tahap terbuka (open-ended phase) dan Tahap 2 : Tahap Konvergen (convergent phase)
Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok dan memberikan soal yaitu mencari benda-benda yang termasuk kubus dan memiliki sifat-sifat seperti bangun kubus.
Siswa mencatat nama teman-teman satu kelompok mereka serta mencatat tentang pekerjaan rumah yang diberikan guru.
Tahap 4 : Tahap Aplikasi (penerapan)
III
Penutup ( 5 menit )

Guru mengakhiri kegiatan belajar mengajar dengan membaca hamdalah dan mengucapkan salam.
Siswa mengikuti perintah guru dan menjawab salam dari guru.







F.      PENILAIAN
Diambil dari:
§  Tanya jawab dengan guru
§  Tugas individu
§  Presentasi
§  Tugas kelompok


...........,..................20...
Mengetahui

Kepala Sekolah SD/MI                                                         Guru Tematik Kelas V


(....................................)                                                          (..................................)
NIP/NIK : ....................                                                         NIP/NIK : ..................

BUKU SISWA
 


RINGKASAN MATERI
Bangun ruang

 


1.      Jenis-jenis bangun ruang
a.       Kubus
Unsur-unsur kubus, yaitu:
·         Memiliki 12 rusuk
·         Memiliki 8 sudut
·         Memiliki 6 sisi
Sifat-sifat kubus:
·         Semua rusuk kubus sama panjang
AB = BC = CD = AD = AE = BF = CG = DH = EF = FG = GH = EH
·         Semua titik sudut kubus sama besar
<A = <B = <C = <D = <E = <F = <G = <H = 90 derajat.
·         Semua sisi kubus berbentuk persegi dan sama
ABCD = EFGH = ADHE = BCGF = ABFE = DCGH.
b.      Balok (non contoh)

Unsur-unsur balok, yaitu:
·         Memiliki 12 rusuk
·         Memiliki 8 sudut
·         Memiliki 6 sisi
Sifat-sifat balok :
·         Rusuk-rusuk balok berhadapan sama panjang
AB = DC = EF = HG
BC = AD = FG = EH
AE = BF = CG = DH
·         Semua titik sudut balok sam besar
<A = <B = <C = <D = <E = <F = <G = <H = 90
·         Sisi balok yang berhadapan sama dan berbentuk persegi panjang
ABCD = EFGH
ADHE = BCGF
 ABEF = DCGH





KUIS I TUGAS INDIVIDU
LEMBAR KERJA SISWA
Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.      Gambarlah sebuah bangun kubus!
2.      Tentukan masing-masing banyaknya rusuk, sudut, dan sisi kubus tersebut!
3.      Sebutkan sifat-sifat kubus tersebut!






KUIS II TUGAS KELOMPOK

SOAL
Carilah bersama teman satu kelompokmu contoh benda-benda disekitarmu yang memiliki sifat-sifat sama seperti kubus, minimal 5 benda dan tiap kelompok harus membawa benda yang berbeda dengan kelompok lain!
 (jawaban bebas)





Kunci jawaban

Kunci jawaban kuis I Tugas individu
Lembar kerja siswa

 



1.      Gambar kubus, yaitu:
2.      Banyak rusuk, sudut, dan sisi kubus :
-          Memiliki 12 rusuk
-          Memiliki 8 sudut
-          Memiliki 6 sisi
3.      Sifat-sifat kubus:
a.       Semua rusuk kubus sama panjang
AB = BC = CD = AD = AE = BF = CG = DH = EF = FG = GH = EH
b.      Semua titik sudut kubus sama besar
<A = <B = <C = <D = <E = <F = <G = <H = 90
c.       Semua sisi kubus berbentuk persegi dan sama
ABCD = EFGH = ADHE = BCGF = ABFE = DCGH



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright donat 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .